Efek Samping Menggunakan Kacamata Silinder

Mata silinder adalah sebuah kondisi penglihatan dimana pengidapnya tidak dapat melihat dengan jelas. Penyebabnya bisa dikarenakan dari kornea mata yang berbentuk tidak beraturan, atau ada lengkungan lensa mata yang tidak normal.

Pengidap mata silinder disarankan oleh dokter untuk menggunakan kacamata silinder. Namun banyak yang mengeluhkan efek samping yang diterima setelah menggunakan kacamata berlensa silinder oleh para pengidap kondisi Astigmatisme ini.

Efek samping yang diterima oleh pengguna kacamata silinder yang kurang tepat antara lain, pusing, pandangan kabur dan buram, nyeri kepala, mudah mengantuk, sulit berkonsentrasi, mual, hingga kesulitan melihat di malam hari.

Menurut dokter, efek samping ini dapat Anda terima akibat dari penggunaan lensa silinder yang kurang cocok. Lensa silinder harus memiliki lensa dan koreksi yang sesuai, karena lensa jenis ini ukuran dan sudut-sudutnya menjadi perhatian khusus dalam pembuatannya.

Anda dapat mencoba untuk menggunakan kacamata silinder di awal, jika dirasa mengalami efek samping di atas, maka hentikan penggunaan kacamata ini. Periksakan ke dokter spesialis mata agar Anda mendapat penanganan yang tepat.

Jika efek memakai kacamata silinder yang Anda terima sudah lama, Anda dapat melakukan hal berikut.

  • Memperbanyak istirahat,
  • Hindari penggunaan gawai yang berlebihan karena cahaya ultraviolet yang dihasilkan gadget dapat berpengaruh,
  • Anda disarankan tidur lebih awal,
  • Jangan terlambat makan,
  • Minum setidaknya 2 liter air dalam sehari,
  • Tidak berlebihan dalam meminum minuman berkafein,
  • Jauhi penggunaan alkohol dan narkoba,
  • Jangan merokok,
  • Jangan terlalu banyak pikiran hingga mengalami stres.

Selain menggunakan kacamata silinder, Anda dapat menggunakan alat bantu lain yang memiliki fungsi yang sama, seperti lensa kontak yang langsung berada dekat dengan lensa mata. PRK atau Lasik, merupakan metode yang cukup banyak orang melakukannya.

Anda juga dapat menggunakan Lensa Ortho-K, yang memiliki fungsi untuk membuka kornea mata saat Anda tidur di malam hari. Sehingga saat Anda bangun keesokannya, Anda dapat melihat dengan jelas. Namun, kacamata silinder tetap menjadi pilihan pasien paling praktis dan efisien.

Sumber:
https://www.alodokter.com/komunitas/topic/kenapa-sudah-lama-pakai-kacamata-masih-pusing-juga
https://www.sehatq.com/forum/saya-mau-nanya-dok-q18788
https://www.honestdocs.id/mata-silinder#:~:text=Mata%20Silinder%20-%20Tanda%2C%20Penyebab%2C%20Gejala%2C%20Cara%20Mengobati.,pada%20mata%20yang%20melapisi%20lensa%29%20berbentuk%20tidak%20beraturan