Waspada Kutil Kelamin! Ayo Baca Info di Direktori Penyakit SehatQ.com

Kutil kelamin merupakan sebuah benjolan kecil yang tumbuh di daerah kelamin serta dubur, dan infonya ada di direktori penyakit SehatQ.com. Penyakit ini dapat dialami oleh siapa orang-orang dengan riwayat aktif secara seksual. 

Masalah kesehatan ini berbeda dengan kutil yang umumnya tumbuh di bagian tubuh lain.  Alasannya sebab kondisi satu ini merupakan salah satu infeksi menular seksual. Ingin tahu selengkapnya? Simak artikel berikut ini.

Penyebab Kutil Kelamin
Wujudnya berupa benjolan berukuran kecil. Tidak mudah secara kasat mata. Namun masalah kesehatan ini dapat menyebabkan rasa gatal, sensasi seperti terbakar, serta nyeri. Bahkan perdarahan ketika melakukan hubungan intim. Terkadang, masalah kesehatan ini juga dapat tampak berupa benjolan baik pada vagina maupun penis.

Benjolan ini disebabkan oleh virus human papillomavirus (HPV). Penyebarannya terjadi melalui hubungan seksual. Baik lewat vagina, atau secara oral serta anal. Di samping itu, virus ini juga dapat menular saat tangan penderita menyentuh kellamin milik sendiri. Kemudian ia menyentuh kelamin milik pasangannya.

Penyebarannya juga dapat terjadi, akibat berbagi penggunaan sex toys. Pada kasus yang jarang terjadi, dari ibu yang terinfeksi virus dapat menular ke bayinya. Perlu diketahui, direktori penyakit ini tentang penyebarannya adalah tidak menular melalui ciuman, maupun media tertentu. Misalnya alat makan, handuk, serta toilet duduk.

Diagnosis Kutil Kelamin
Dokter dapat mendiagnosis pasien. Caranya dengan melihat atau mendengar gejala yang dialami. Apabila benjolan tidak tampak, maka dokter dapat meminta pasien menjalani beberapa jenis tes. Di antaranya, pap smear, Tes HPV-DNA, atau Kolposkopi.

Metode Pengobatan yang Dapat Dilakukan
Terkait direktori penyakit tentang pengobatan benjolan ini, terdapat beberapa opsi yang dapat dipilih. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Pertama, pengobatan Laser. Apabila benjolan yang muncul kian tumbuh, maka pengobatan laser salah satu opsi yang bisa dilakukan. Sebelum melakukannya dokter akan memberikan krim bius. Tujuannya untuk mengurangi rasa tidak nyaman.

Kedua, metode Krioterapi. Metode ini dilakukan dengan pembekuan kutil kelamin menggunakan nitrogen cair atau cyroprobe. Tingkat responnya cukup tinggi serta tindakan ini mempunyai efek samping yang minim.

Ketiga, lewat cara Electrodesiccation. Benjolan akan dihancurkan dengan arus listrik. Namun, gumpalan asam sebagai efek dari pengobatan ini dapat menimbulkan infeksi. Sebelum menjalaninya, dokter tentu akan memberikan bius lokal.

Keempat, mengkonsumsi obat. Dengan mengkonsumsi obat khusus, benjolan dapat diobati. Anda dapat mendapatkan obat tersebut setelah berkonsultasi dengan dokter.

Cara terakhir yakni dengan metode bedah. Penanganan ini bertujuan untuk menghilangkan benjolan yang dilakukan melalui pembedahan. Tindakan bedah tersebut dengan pemotongan kutil. Jenis pengobatan ini disarankan. Namun, hanya jika ukuran benjolan yang diidap kecil dan jumlahnya sedikit. Tindakan ini terbilang efektif seperti pengobatan lainnya. Tetapi tak ada jaminan bahwa benjolan tidak akan muncul kembali.

Komplikasi Kutil Kelamin
Direktori penyakit terkait komplikasi yang disebabkan oleh masalah kesehatan ini. Antara lain memicu kanker di area kemaluan, mulut maupun tenggorokan. Salah satu kasusnya adalah kanker serviks. Benjolan ini dapat mengakibatkan pasien mengalami gangguan saat kehamilan. Bayi dari ibu dengan masalah ini memiliki risiko mengidap infeksi kutil di tenggorokan.

Upaya Pencegahan Menurut Direktori Penyakit di SehatQ.com
Jika Anda mengecek direktori penyakit di SehatQ.com, masalah benjolan ini dapat dicegah melalui sejumlah cara, seperti:

1. Menghindari seks bebas.

2. Menggunakan kondom ketika berhubungan seks. 

3. Tidak saling berbagi seks toys. 

4. Melakukan imunisasi HPV.

Nah, itu tadi beberapa pembahasan terkait direktori penyakit kutil kelamin. Jika Anda ingin mendapat info lebih banyak terkait kesehatan alat kelamin dan bagian tubuh lainnya, kunjungi SehatQ.com. Anda juga bisa download Aplikasi SehatQ sekarang juga melalui App Store dan Google Play.